NET Mediatama, Baru Seumur Jagung Sudah Buat Kejutan


PT Net Mediatama Indonesia, nama perusahaan tersebut terdengar asing bagi saya, mungkin juga bagi anda semua. Dilihat dari nama perusahaannya, perusahaan ini pasti bergerak di bidang media massa. Tetapi, saya masih bingung. Perusahaan ini apakah perusahaan televisi, radio, media cetak, atau media online?

Setelah saya mencari profil perusahaan ini di internet, saya menemukan bahwa perusahaan ini adalah perusahaan televisi. Tetapi, apa nama stasiun TV mereka? Apakah mereka siaran di TV satelit seperti MNC Channels? Di fanpage Facebook dan timeline Twitter mereka, mereka mengumumkan akan menyelenggarakan grand launching stasiun TV mereka pada tanggal 26 Mei 2013.

Dan ternyata, perusahaan ini didirikan oleh Wishnutama, mantan Direktur Utama Trans TV, yang terkenal dalam suksesnya Trans TV memproduksi program-program yang memiliki rating tinggi. Perusahaan ini juga didirikan oleh komisaris independen SCTV.

Beberapa lama sebelum mereka mulai mengumumkan grand launching mereka, perusahaan yang berada di bawah payung Indika Group ini mengadakan recruitment besar-besaran di beberapa kota besar di Indonesia. Recruitment besar-besaran ini mengingatkan saya dengan recruitment besar-besaran yang pernah dilakukan oleh Trans TV. Iklan recruitment yang digembar-gemborkan di internet tersebut memuat kalimat "Join us with Media Revolution". Hmm, baru juga didirikan sudah akan memulai revolusi di media. Apa yang akan mereka lakukan untuk "merevolusi" media di Indonesia?

Dan, ternyata langkah kedua mereka setelah recruitment besar-besaran tersebut adalah membeli saham PT Televisi Anak Spacetoon, atau yang biasa dikenal sebagai Spacetoon, dan memakai frekuensi siaran mereka untuk menayangkan program-program mereka (lihat Selamat Tinggal Spacetoon Indonesia). Sebentar, apa yang akan dilakukan Net Mediatama Indonesia terhadap Spacetoon? Apakah mereka akan mengganti logo, nama, dan konten program Spacetoon?

Jawabannya ya. Karena mereka mulai memperkenalkan logo mereka di Facebook dan Twitter, serta membuat iklan pengumuman grand launching mereka yang akan dibintangi oleh artis-artis Indonesia dan mancanegara, mulai dari Agnes Monica dan Carly Rae Jepsen (lihat Ada Apa di Spacetoon 26 Mei 2013?). Hmm, ini bisa jadi adalah langkah ketiga mereka "merevolusi" media di Indonesia.
Jadi apa saja kejutan-kejutan yang sudah mereka lakukan dalam mewujudkan "Revolusi Media" di Indonesia? Ini dia rinciannya:
1. mengadakan recruitment besar-besaran di beberapa kota besar di Indonesia
2. membeli saham Spacetoon Indonesia dan mengganti konten program-programnya
3. menyelenggarakan grand launching yang dibintangi oleh bintang-bintang Indonesia dan mancanegara.

Apa "Revolusi Media" yang mereka canangkan benar-benar terwujud? Kita lihat saja apa kejutan-kejutan selanjutnya yang dibuat oleh Net Mediatama Indonesia.

Labels: ,