Ternyata Spacetoon Indonesia Masih Bersiaran!


19 Mei 2013, jam 11.20 WIB (Waktu Indonesia Barat), saya mengecek posting di blog dan thread saya di Kaskus terkait menghilangnya Spacetoon Indonesia dari layar TV Indonesia (lihat Selamat Tinggal Spacetoon Indonesia). Ternyata saya mendapat PM (Private Message) dari salah seorang pengguna Kaskus, yang berisi sebagai berikut:
"Gan, ane baru mendapat info dari siaran TVnya langsung kalau Spacetoon sekarang pindah ke Satelit Telkom 1 Frekuensi 3732 MHz Symbol Rate 4160. Jadi intinya Spacetoon masih ada gan, cuman pindah frekuensi saja."

Hmm, saya lalu berpikir sejenak. Jika saya cek langsung sesuai arahan dari pengguna Kaskus tersebut, hal tersebut tidak bisa saya lakukan karena saya tidak memiliki TV parabola. Saya selalu melakukan pengamatan terhadap Spacetoon (kini NET.) di TV terestrial biasa. Saya harapkan ada pengguna Kaskus yang memiliki TV parabola memberikan screenshot tayangan Spacetoon Indonesia di satelit setelah siaran terestrialnya diambil alih oleh NET.

Saat saya mencari informasi tentang Spacetoon dan NET. , saya sempat melihat salah satu website penyedia satelit. Ternyata Spacetoon Indonesia telah "menggandakan diri" di satelit. Spacetoon Indonesia bersiaran di satelit Palapa D dan Telkom 1. Namun, yang dipakai NET. yaitu siaran Spacetoon di Satelit Palapa D.

Hal ini berarti NET. memang mengambil alih kepemilikan saham Spacetoon, namun NET. hanya menggunakan siaran terestrialnya di Indonesia (Jakarta, Bandung, Medan, Garut, Denpasar, Malang, dll), sedangkan Spacetoon Indonesia masih bersiaran namun hanya dapat disaksikan jika anda memiliki TV parabola. Semoga posting saya ini dapat memberi kabar baik bagi pemirsa setia Spacetoon Indonesia :).

Labels: ,